Kenali Musuh Stres


atasi stres andaPerbedaan  dalam menghadapi stres itu lebih dikarenakan oleh tingkatan stres yang dihadapi dan daya tahan pribadi tiap individu yang berbeda. Sebagai contoh, sebuah masalah akan mengakibatkan stres berat bagi seseorang yang bersifat perfeksionis , tetapi masalah yang sama malah akan menjadi sebuah tantangan bagi orang-orang yang berkepribadian challenge (suka tantangan). Oleh karena itu, akan terjadi perbedaan dalam mengelola stres di antara tiap-tiap orang.

Dalam artikel kali ini, saya akan bagi-bagi info dan beberapa strategi tentang bagaimana caranya untuk mengendalikan stres , yang tentunya akan bermanfaat bagi semua tipe kepribadian..

1) Pahami Penyebabnya

Stres baru disadari ketika otak kita tak mampu berpikir logis, sistematis, serta hati mulai gelisah dan merasa tidak bisa mengendalikan emosi yang kita rasakan. Stres biasanya muncul seperti bola salju (seperti cinta bola saljunya Sule 😡 , awalnya kecil dan kita sepelekan, dan ketika masalah itu menumpuk dan berubah menjadi masalah yang begitu besar dan rumit, maka kita akhirnya tak kuasa untuk menyelesaikannya. Oleh karena itu, hindari kebiasaan menyepelekan hal-hal kecil yang bahkan sering kita anggap tak ada, karena itu merupakan bibit munculnya stres. Segeralah untuk menyelesaikan masalah kecil, karena dia masih kecil, maka energi dan waktu yang kita gunakan juga kecil.

2) Minimalisasi Stres

Rencana merupakan tahapan sebuah kegiatan dan harusnya rencana dilengkapi pula dengan indikator pencapaian serta langkah antisipasi jika terjadi kesalahan atau kegagalan. Salah satu penyebab munculnya stres adalah ketika kegiatan yang sedang kita lakukan tiba-tiba mengalami kemacetan, tanpa kita tau solusi atau alternatif penyelesaiannya. Oleh karena itu, buatlah perencanaan yang baik, dan lengkapi dengan indikator pencapaian, time table, alternatif solusi serta bagi rata tugas kepada komponen organisasi. Singkat kata, susunlah rencana dengan framework SIABIDIBABE (SIapa, Apa, BIlamana, DImana, BAgaimana, dan BErapa)

3) Tubuh yang Sehat

Apakah orang sehat tidak akan mengalami stres ? Jawabannya adalah belum tentu. Tetapi orang yang tidak sehat pasti orang sedang stres, atau akan mengalami stres, atau bahkan sedang mengalami tahapan menuju stres. Minimal dengan tubuh sehat, kita bisa lebih siap untuk berpikir mencari solusi jika masalah penyebab stres itu muncul. Oleh karena itu, kebiasaan hidup sehat sperti olahraga yang rutin dan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi merupakan salah satu langkah memusuhi stres.

4) Egois Sesekali

Ketika kita berhenti untuk memikirkan perasaan orang lain dan kemudian lebih mengutamakan perasaan sendiri, tidak berarti kita menjadi orang yang egois. Cobalah untuk menghentikan kebiasaan “ah, enggak enak sma dia..ah, biarlah lebih baik aku saja yang selesaikan, dia kan.. (blaa..bla..bla) ” Cobalah berbuat adil terhadap diri sendiri. Ingat, ketika kita bagi sebagian tugas kita pada orang lain, bukan berarti kita menghukum dia, tetapi sebaliknya ketika kita percayakan orang lain untuk mengerjakan sesuatu, itu merupakan sebuah penghargaan yang besar bagi mereka. Oleh sebab itu, jagalah perasaan kita sendiri sesekali waktu untuk memberikan hak bagi jiwa kita untuk diperhatikan oleh kita sendiri.

Iklan

jangan lupa beri komentar kawan ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s