Diet Pemicu Stres


Stres adalah rasa takut dan cemas dari persaan dan tubuh kita terhadap perubahan di lingkungan. Stres juga disebut-sebut sebagai keadaan jiwa yang paling popular di abad ini. Coba kita ingat-ingat kembali berapa banyak orang yang kita jumpai mengatakan bahwa mereka sedang mengalami stress atau mungkin kita sendiri sedang mengalaminya ?

Stres bukan suatu penyakit, tetapi jika kita tidak dapat mengatasinya dalam waktu tertentu, kita akan terkena banyak masalah kesehatan. Nah..berikut ini ada beberapa faktor yang dianggap sebagai pemicu timbulnya stress (stressor)

Faktor Fisik-Biologis

1) Genetika

Banyak ahli beranggapan bahwa masa kehamilan mempunyai keakraban dengan kemungkinan kerentanan stres pada anak yang dilahirkan. Kondisi-kondisi tersebut berupa ibu hamil perokok, ibu hamil yang alkoholik, penggunaan obat-obatan yang dilarang dipakai pada masa kehamilan seperti aspirin dan jenis obat-obatan analgesik.

2) Case History

Beberapa riwayat penyakit di masa lalu yang mempunyai efek psikologis di masa depan, dapat berupa berupa penyakit di masa kecil seperti demam tinggi yang memengaruhi kerusakan gendang telinga, kecelakaan yang mengakibatkan kehilangan organ atau bagian tubuh (cacat), patah tulang, dan sebagainya.

3) Pengalaman Hidup

Mencakup case history dan pengalaman-pengalaman hidup yang memengaruhi perasaan independen dan juga menyangkut kematanagan organ-organ seksual pada masa remaja. Contohnya, pada anak remaja perempuan yang mengalami keterlambatan  pertumbuhan payudara dibandingkan dengan kelompok bermainnya akan memengaruhi perilakunya. Atau pada anak laki-laki yang merasa minder karena pertumbuhan phalus yang terlambat dibandingkan kelompok bermainnya akan mendapat ejekan dari teman-temannya yang dapat memengaruhi rasa percaya diri ketika akan menikah.

4) Tidur

Istirahat yang cukup akan memberikan energi pada kegiatan yang sedang dilakukan. Kebutuhan tidur akan berpengaruh terhadap konsentrasi, semangat dan gairah terhadap pekerjaan yang dilakukan. Penderita insomnia mempunyai kerentanan terhadap stres yang lebih berat.

5) Diet

Diet yang berlebihan dapat mengakibatkan stres berat. Pelaku diet penderita obesitas yang melakukan diet ketat secara berlebihan mempunyai resiko kematian yang tinggi. Di Amerika Serikat, diperkirakan 6 diantara 10 orang yang melakukan diet ketat ini menyebabkan kematian. Diet secara berlebihan juga memungkinkan munculnya sindroma anoreksia.

6) Penyakit

Beberapa penyakit dapat menjadi stressor pada beberapa individu berupa tuberkulosis (TBC), kanker, impotensi yang disebabkan oleh diabetes melitus, dan beberapa penyakit lainnya. Penyakit anemia dapat menyebabkan individu merasa cepat lelah sehingga dapat menimbulkan rasa stres dan kurang dapat melakukan aktivitas secara maksimal.

Iklan

jangan lupa beri komentar kawan ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s