Masalah Seputar Jerawat


anatomi jerawatJerawat atau acne adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak yang menyebabkan penyumbatan muara saluran kelenjar minyak. Daerah yang mudah terkena jerawat adalah di wajah, dada, punggung, dan tubuh bagian atas lengan. Peradangan pada kulit terjadi jika kelenjar minyak memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan sehingga terjadi penyumbatan pada  saluran kelenjar minyak dan pembentukan komedo (whiteheads). Apabila sumbatan membesar, komedo terbuka (blackheads) muncul sehingga terjadi interaksi dengan bakteri jerawat yang akan menimbulkan benjolan bahkan berwarna merah.

Munculnya jerawat sering terjadi pada masa pubertas yaitu berkisar umur 14-19 tahun, yang disebabkan oleh perubahan hormon pada remaja. Deteksi jerawat sejak dini sangat sulit, sebab sebelum masa pubertas, kulit anak akan mengalami pengelupasan 3 minggu sekali. Sedangkan ketika remaja, pengelupasan kulit terjadi 4 minggu sekali.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 85% populasi mengalami jerawat pada usia 12-25 tahun, 15 % populasi mengalaminya hingga usia 25 tahun. Jika tidak teratasi dengan baik, gangguan jerawat dapat menetap hingga usia 40 tahun.

  • Penyebab Jerawat

Beberapa faktor yang menyebabkan jerawat adalah :

  1. Stress, yang dapat memacu kegiatan kelenjar minyak.
  2. Faktor usia, ras, familial, makanan berkadar lemak tinggi, dan cuaca atau musim.
  3. Peningkatan aktivitas hormon.
  4. Jarang membersihkan wajah yang kotor dan berminyak.
  5. Bakteri di pori-pori kulit.
  6. Iritasi kulit atau karena garukan.
  7. Kurang tidur atau istirahat.
  8. Memakai kosmetik sembarangan.
  • Cara Mencegah Jerawat
  1. Rajin membersihkan wajah.Dengan rutin membersihkan wajah, kotoran dan bakteri yang menempel di wajah akan tersingkir.
  2. Singkirkan rambut dari wajah. Bila rambut menyentuh wajah, maka kotoran dari rambut akan berpindah ke kulit wajah dan dapat menimbulkan jerawat.
  3. Cuci sarung bantal dan seprei secara teratur. Rambut ataupun wajah yang kotor dapat menyebabkan kuman dan kotoran berpindah di sarung bantal atau seprei saat kita menggunakannya.
  4. Minum paling sedikit 8 gelas air sehari. Mengkonsumsi air yang cukup dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan zat tidak berguna yang ada di tubuh.
  5. Bila perlu, gunakan masker pencegah jerawat secara teratur. Pengguanaan masker dapat membantu menghilangkan bakteri dan minyak di wajah.
  6. Kurangi penggunaan kosmetik. Pilihlah kosmetik yang berbahan dasar air, sehingga dapat mengurangi potensi timbulnya jerawat dibandingkan dengan kosmetik yang berbahan dasar minyak.
  7. Jangan pernah memencet jerawat. Tangan yang kotor saat Anda memencet jerawat dapat meningkatkan minyak dan kotoran di wajah.
  8. Hindari pemakaian sabun antikuman secara berlebihan. Penggunaan medicated soap yang berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan mengiritasi jerawat.
  9. Kurangi kegiatan di udara panas. Kegiatan di udara panas atau di bawah sinar matahri langsung dapat mengiritasi kulit yang berjerawat.
  10. Olahraga teratur dan cukup. Olahraga yang berlebihan malah akan merangsang produksi kelenjar minyak.
  11. Istirahat cukup. Setidaknya 6-8 jam sehari.
  12. Hindari dan atasi pikiran stress, ketegangan serta cemas berlebihan.
  • Makanan yang Dihindari atau Dikurangi

Sebagian ahli mengatakan bahwa jenis makanan atau minuman tertentu tidak menyebabkan jerawat, tapi memang ada makanan tertentu yang memperparah jerawat yang ada. Sementara sebagian lain mengatakan bahwa jenis makanan atau minuman tertentu yang dapat merangsang timbulnya jerawat. Bagi yang ingin terhindar dari jerawat, sebaiknya mengurangi makanan yang mengandung lemak tinggi seperti :

  1. Makanan yang mengandung coklat, termasuk permen, es krim, susu coklat.
  2. Kacang-kacangan.
  3. Makanan yang mengandung susu ( mentega, keju, es krim ).
  4. Gorengan-gorengan ( pisang goreng, ayam goreng).
  5. Makanan yang bahannya dari daging jeroan.
  6. Buah-buahan yang kandungan lemaknya tinggi misalnya durian.
  7. Makanan yang bahannya banyak mengandung santan.
  • Pengobatan Jerawat

Mengobati jerawat sangatlah penting. Hal ini berkaitan dengan masalah mental dan fisik. Secara psikologis, adanya jerawat mengakibatkan rasa tidak percaya diri, rendah diri, malu, mudah tersinggung, dan dapat mengganggu perkembangan kepribadian seseorang.

Secara fisik, pengobatan jerawat dapat mencegah terjadinya jaringan parut. Jaringan parut yang timbul sebgai bekas jerawat dapat menyebabkan permukaan kulit menjadi tidak rata dan berlubang yang dapat bersifat menetap dan merusak wajah sehingga menjadi cacat.

Sebaiknya Anda temui dokter ahli kulit jika jerawat Anda bertambah parah dan memengaruhi rasa pecaya diri Anda. Dokter bisa memberikan saran obat terbaik dan terefektif. Jangan menggunakan obat jerawat sembarangan.

Iklan

2 thoughts on “Masalah Seputar Jerawat

jangan lupa beri komentar kawan ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s