Membedakan Madu Asli dengan Madu Tiruan


Membedakan Madu Asli dengan Madu Tiruan

Madu Asli

Sejak zaman dulu, madu terkenal sebagai obat alami yang serba guna. Khasiat madu baik dalam kesehatan maupun kecantikan sudah tidak diragukan lagi. Berbagai khasiat tersebut hanya bisa diperoleh dari madu yang benar-benar ‘asli’. Madu yang asli memang lebih mahal harganya. Namun sayangnya, hal inilah yang menyebabkan banyak pihak yang tidak bertanggung jawab membuat tiruan madu alias madu ‘palsu’. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk lebih waspada dalam membeli madu.

Untuk mengetahui madu itu asli ataukah tiruan, dapat dilakukan dengan beberapa tips berikut :

1. Teteskan madu tersebut ke atas koran. Bila lapisan bawah kertas koran tidak basah, berarti madu itu asli

2. Ambil madu beberapa sendok makan, lalu tempatkan ke dalam wadah misalnya, gelas. Masukkan telur yang sudah dipecah, tunggu beberapa saat. Jika telur tersebut matang, berarti madu tersebut asli.

3. Teteskan madu di sembarang tempat misalnya, di atas meja. Tunggu hingga keesokan harinya. Jika madu tersebut tidak dikerumuni semut sama sekali, selamat…madu yang Anda miliki asli. Namun jika ada semutnya, berarti kemungkinan madu tersebut telah dicampur gula atau zat pemanis buatan lainnya.

4. Coba letakkan botol yang berisi madu tersebut ke dalam kulkas, atau agar lebih efektif ke dalam freezer . Madu asli tidak akan membeku. Sedangkan madu tiruan, akan ada bagian yang membeku. Itu disebabkan pada madu tiruan ada unsur airnya. Air tentu saja akan membeku jika lama berada dalam kulkas, bukan ?

5. Bisa juga Anda menggunakan ‘insting’ perasa Anda sendiri. Madu yang asli akan terasa kental, dan rasa manisnya sangat pekat hingga di kerongkongan. Namun madu tiruan atau palsu, lebih encer, dan manisnya seperti gula, dan biasanya hanya bertahan saat di lidah saja.

Itulah beberapa tips dari saya. Jika Anda mempunyai cara lain untuk Membedakan Madu Asli dengan Madu Tiruansilahkan beri komentar🙂

jangan lupa beri komentar kawan ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s