Sekilas Tentang Katarak


Mata kita bekerja seperti sebuah kamera. Lensa mata yang terletak di dalam mata (tepatnya di belakang iris) bertugas memfokuskan cahaya agar membentuk suatu bayangan yang tajam di saraf mata yang dikenal dengan retina. Lensa terdiri atas 60% air, 35% protein dengan kandungan protein tertinggi diantara jaringan tubuh lainnya, dan sedikit mineral. Kandungan kalium lensa lebih tinggi dibandingkan kebanyakan jaringan lain. Retina bekerja seperti film pada sebuah kamera yang berfungsi untuk merekam bentuk bayagan suatu objek dalam bentuk gambar. Gambar tersebut diantarkan melalui saraf optik menuju otak untuk diterjemahkan menjadi sesuatu yang kita lihat.

katarakMenjaga kesehatan mata memang sangat penting. Seiring bertambahnya usia, ada beberapa penyakit mata yang tidak dapat dicegah, salah satunya yaitu katarak. Katarak merupakan suatu kekeruhan lensa yang menyebabkan mata tidak dapat melihat objek dengan jelas. Katarak umumnya berkaitan dengan penuaan, maka dari itu sering ditemukan pada usia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan terjadi sejak lahir maupun saat dewasa muda. Saat ini pun katarak masih merupakan penyebab tertinggi kebutaan. Kasus kebutaan di negara berkembang akibat penyakit ini mencapai 40-80%, dimana 20-8-% seharusnya bisa dihindari.

Penyebab dan Gejala Katarak

Katarak bisa terjadi pada kedua mata. Faktor yang paling sering berperan dalam terjadinya katarak meliputi radiasi sinar UV, penggunaan obat-obatan, dan lain-lain. Penyebab kekeruhan pada lensa bisa terjadi karena usia, trauma pada mata, da karena penyakit lain yang mendasarinya. Seiring usia, fleksibilitas mata mengalami penurunan begitu juga dengan kejernihan mata. Dengan bertambahnya usia, mata juga mengalami perubahan dan struktur lensa pun berubah. Katarak berkembang perlahan dan tidak disertai rasa sakit pada fungsi penglihatan. Apabila terjadi kekeruhan di lensa, tentu akan menyebabkan gangguan penglihatan sehingga penderita biasanya mengeluhkan mata kabur, silau di siang hari, sulit membaca, serta lebih buram ketika menjelang malam.

Stadium Katarak

  1. Katarak insipien, dimana sudah terjadi kekeruhan dimulai pada tepian lensa.
  2. Katarak imatur, kekeruhan belum mengenai seluruh lensa. Kekeruhan lensa yang terjadi disertai pembengkakkan lensa akibat lensa yang degeneratif menyerap air. Masuknya air ke dalam celah lensa menyebabkan lensa menjadi bengkak dan besar yang akan mendorong iris sehingga bilik mata menjadi dangkal dibandingkan dengan keadaan normal.
  3. Katarak matur, kekeruhan sudah mengenai seluruh massa lensa. Lensa terlihat sangat putih akibat deposit kalsium.
  4. Katarak hipermatur, lensa telah mengalami proses degenerasi lanjut yang dapat menjadi keras atau lembek dan mencair. Masa lensa yang berdegenerasi keluar dari kapsul lensa sehingga lensa menjadi mengecil, berwarna kuning dan kering.

Penanganan

Pada katarak yang masih ringan, dimana visus masih baik dan di pemeriksaan tampak lensa sedikit keruh, penderita masih dapat menggunakan kacamata untuk membantu mempertajam penglihatan agar lebih baik. Apabila katarak sudah tidak dapat dikoreksi dengan penggunaan kacamata dan sudah mengganggu pekerjaan sehari-hari, maka tindakan operasi harus segera dilakukan. Tidak ada cara lain untuk menyembuhkan katarak selain operasi. Tujuan dari operasi katarak itu sendiri yaitu untuk mengganti lensa yang keruh dengan lensa buatan (Intra Ocular Lens) sehingga penderita dapat melihat dengan baik lagi. Semakin majunya ilmu kesehatan, pendektatan terhadap penatalaksanaan katarak dengan operasi saat ini sudah semakin baik dan nyaman untuk penderita katarak karena meminimalisir rasa sakit hingga proses penyembuhan yang lebih cepat. Deteksi dini, monitoring yang ketat, dan intervensi dengan tindakan operasi yang tepat waktu, dapat menanggulangi kebutaan akibat katarak.

jangan lupa beri komentar kawan ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s